Rabu, 05 Juni 2013

Sekilas tentang Pondok Pesantren

Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan yang didirikan oleh seorang Kyai/Ulama sebagai figure sentral yang berdaulat menetapkan tujuan pendidikan pondoknya.
Tujuan pendidikan pesantren adalah menciptakan kepribadian muslim yaitu kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, berakhlak mulia bermanfaat bagi masyarakat atau mengabdi kepada masyarakat dengan jalan menjadi kawula atau menjadi abdi masyarakat mampu berdiri sendiri, bebas dan teguh dalam kepribadian, menyebarkan agama atau menegakkan Islam dan kejayaan umat Islam di tengah-tengah masyarakat dan mencintai ilmu dalam rangka mengembangkan kepribadian Indonesia. Idealnya pengembangan kepribadian yang ingin di tujuan ialah kepribadian mukhsin, bukan sekedar muslim.

Sedangkan menurut M.Arifin bahwa tujuan didirikannnya pendidikan pesantren pada dasarnya terbagi pada dua yaitu
a. Tujuan Khusus
Yaitu mempersiapkan para santri untuk menjadi orang ‘alim dalam ilmu agama yang diajarkan oleh Kyai yang bersangkutan serta mengamalkannya dalam masyarakat.
b. Tujuan Umum
Yakni membimbing anak didik agar menjadi manusia yang berkepribadian Islam yang sanggup dengan ilmu agamanya menjadi mubaligh Islam dalam masyarakat sekitar dan melalui ilmu dan amalnya.

Sistem Pendidikan Pondok Pesantren
Dalam keputusan Musyawarah/Lokakarya intensifikasi Pengembangan Pondok Pesantren yang di selenggarakan pada tanggal 2 s/d 6 Mei 1978 di Jakarta tentang pondok pengertian pesantren diberikan batasan sebagai berikut: Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang minimal terdiri dari tiga unsur.
a. Kyai / Syekh/ Ustadz yang mendidik serta mengajar
b. Santri dengan asramanya, dan
c. Masjid.

Kegiatannya mencakup Tri Dharma Pondok Pesantren;
1. Keimana dan ketaqawaan terhadap Allah SWT
2. Pengembangan keilmuan yang bermanfaat, dan
3. Pengabdian terhadap agama, masyarakat dan negara.
Dalam keadaan aslinya pondok pesantren memiliki sistem pendidikan dan pengajaran non klasikal, yang dikenal dengan nama (bandungan, sorogan, dan wetonan). Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran ini berbeda antara satu pondok pesantren dengan pondok pesantren lainnya, dalam arti tidak ada keseragaman sistem dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajarannya .
Dalam kenyataannya penyelenggaraan sistem pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren dewasa ini dapat di golongkan kepada tiga bentuk:
1. Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam yang pada umumnya pendidikan dan pengajaran tersebut diberikan dengan cara non klasikal (sistem bandongan dan sorogan) dimana seorang kyai mengajar santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahas Arab oleh ulama-ulama besar sejak abad pertengahan, sedang para satri biasanya tinggal dalam pondok/asrama dalam pesantren tersebut.
2. Pesantren adalah lembaga pendidikan dan pengajaran agam Isalam yang pada dasarnya dengan pondok pesantren tersebut diatas tetapi para santrinaya tidak disediakan pondokan dikaompleks pesantren, namun tinggal tersebar diseluruh penjuru desa sekeliling pesantren tersebut (santri kalong), dimana cara metode pendidikan dan pengajaran agama Islam diberikan dengan sistem weton yaitu para santri dating berduyun-duyun pada waktu-waktu tertentu.
3. Pondok pesantren dewasa ini adalah merupakan lembaga gabungan antara sistem pondok dan pesantren yang memberikan pendidikan dan pengajaran agama Islam dengan sistem bandongan, sorogan, ataupun wetonan dengan para santri disediakan pondokan ataupun merupakan santri kalong yang dalam istilah pendidikan pondok modern memenuhi criteria pendidikan non formal serta menyelenggarakan juga pendidikan formal berbentuk madrasah dan bahkan sekolah umum dalam berbagai bentuk tingkatan dan aneka kejuruan menurut kebutuhan masing-masing
Dilihat dari bentuk pendidikan dan pengajaran dipondok pesantren diatas, di dalam kenyataannya sebagian pondok tetap mempertahankan pada bentuk pendidikan semula, sebagian lagi mengalami perubahan hal ini disebabkan olaeh tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat serta akibat kemajuan dan perkembangan pendidikan di tanah air.

Referensi:
1) Arifin,M. 1993. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara. 
2) Mastuhu.1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Suatu Kajian Tentang unsur dan Nilai sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

KH.Asmuni Al-Khaitami, NK (Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu DAARUL AMANAH Cipondoh)


PONDOK PESANTREN TERPADU
"DAARUL-AMANAH"
KEL. KENANGA – CIPONDOH, KOTA TANGERANG, BANTEN

SMP-SMA
TERPADU BER ASRAMA
(ISLAMIC BOARDING SCHOOL)

TEMPAT PENDAFTARAN SANTRI BARU

Komplek Ponpes DAARUL AMANAH, Jl. KH. Hasyim Ashari Gg. Jambu Gondrong
Kel. Kenanga Blok Santri (C). Kec. Cipondoh Kota Tangerang 15140-Banten
Telp. (021) 5549028, 40958097 HP. 0813 86040229, 0812 8290 867, 0878 82264230

PENDAFTARAN SANTRIWAN / SANTRIWATI BARU

PONDOK PESANTREN TERPADU
"DAARUL-AMANAH"
KEL. KENANGA KEC. CIPONDOH, KOTA TANGERANG, BANTEN

SMP SMA
TERPADU BER ASRAMA
(ISLAMIC BOARDING SCHOOL)

TEMPAT PENDAFTARAN SANTRI BARU:
Komplek Ponpes DAARUL AMANAH, Jl. KH. Hasyim Ashari Gg. Jambu Gondrong
Kel. Kenanga Blok Santri (C). Kec. Cipondoh Kota Tangerang 15140 
Prov. Banten, Indonesia
Telp. (021) 5549028, 40958097 HP. 081386040229, 0812 8290 867, 087882264230

Alamat Rute:
Jurusan : TANGERANG - CILEDUG Turun di Gg. Jambu Gondrong
Jurusan : AMPERA - PASAR SIMPANG GONDRONG Turun di Pesantren
Jurusan : KALIDERES - CILEDUG, Turun di Portal / Pasar Simpang Gondrong
 
Pondok Pesantren Daarul Amanah yang berada di Kawasan Cipondoh Kota Tangerang Provinsi Banten, sejak berdiri terus dikembangkan ke depan. Upaya pembinaan dan penataan tersebut dengan melakukan pembaharuan pada substansi Pendidikan (Edukatif) metedologi, pengembangan sarana prasarana atau infrastruktur serta perluasan fungsi dengan menggunakan sistem 3 Kurikulum terpadu yaitu; Kurikulum Diknas, Pondok Modern & Salafiyah yang Berbasis Kompetensi dengan tujuan mencetak santri yang intelektual dan intelektual santri, serta diharapkan agar mereka di tengah-tengah masyarakat (publik) mampu menerapkan dan mengamalkan ilmu secara tepat dan benar.

 KEGIATAN NON FORMAL PP. DAARUL-AMANAH
- Majlis Ta'lim Mingguan Kaum Ibu (Rabu Pagi)
- Majlis Ta'lim Mingguan Kaum Bapak (Malam Senin)
- Majlis Ta'lim Bulanan Wali Santri & Umum (Ahad Pagi)
- Lembaga Da'wah dan Bahasa Arab / Inggris
- Kuliah Subuh (Setiap Jum'at Ba'da Shubuh Berjama'ah)
- Santunan Kaum Dhuafa dan Yatim Piatu
- Pengembangan skill dan keorganisasian/leadership santri

Info lebih lengkap silahkan baca brosur di bawah ini!